Berdasarkan aturan yang dikeluarkan oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, mulai tahun 2008 semua kementerian harus memiliki logonya sendiri, untuk diterapkan pada semua naskah dinas yang digunakan oleh para pejabat di tingkat eselon I dan seterusnya.

Untuk memenuhi aturan tersebut, Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) meminta M. Markoes Djajadiningrat sebagai pencipta logo “Kalpataru” dan tim Cipta Lima untuk membuat desain aplikasi dan standar manual untuk logo yang telah dipakai selama tiga dekade dan sangat dikenal oleh masyarakat ini.

Refinement Logo

LogoKNLH 2009 Desain Aplikasi dan Standar Manual Logo Kementerian Negara Lingkungan HidupPembuatan aplikasi dan standar manual logo KNLH ini dimulai dengan melakukan refinement terhadap logo yang telah digunakan selama ini. Tujuannya terutama untuk menyempurnakan proporsi, keseimbangan, detail bentuk dan pilihan warna dari logo tersebut sehingga betul-betul mantap untuk digunakan sebagai identitas KNLH.

Hal ini perlu dilakukan, karena motif Kalpataru yang ada pada logo awalnya adalah ilustrasi/elemen grafis yang dibuat oleh M. Markoes Djajadiningrat untuk cover buku “Kualitas Lingkungan Hidup”, yang diterbitkan pada tahun 1979. Selain itu, proses refinement juga dimaksudkan agar logo kelihatan lebih fresh, dimana hal ini sangat terkait dengan filosofi logonya.

Proses refinement logo dilakukan dengan memadukan elemen-elemen grafis pada blueprint desain trofi penghargaan Kalpataru dan ilustrasi cover buku. Selanjutnya dilakukan penentuan warna, tipografi dan toleransi skala perbesaran-pengecilan logo dan nama instansinya.

Hasil akhir dari proses refinement ini adalah desain logo dan nama instansi KNLH yang tampil modern, simpel dan fresh, yang diharapkan dapat merevitalisasi semangat dan kinerja KNLH dalam mengantisipasi dan menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan lingkungan hidup ke depan yang semakin kompleks.

Desain Aplikasi Logo

Tahap berikutnya adalah pembuatan desain aplikasi logo. Total ada 19 macam aplikasi logo yang harus dibuat, terdiri dari perangkat surat menyurat (stationery) dan berbagai macam lembar dokumen administrasi yang hampir seluruhnya harus mengikuti aturan baku yang telah ditetapkan oleh kementerian PAN.

desain stationery Kementerian Negara Lingkungan Hidup KLH by Cipta Lima Desain Aplikasi dan Standar Manual Logo Kementerian Negara Lingkungan HidupDesain stationery (kartu nama, kopsurat dan amplop) Kementerian Negara Lingkungan Hidup

Desain Standar Manual Logo

Tahap terakhir adalah pembuatan desain standar manual logo, yang berisi semua hal terkait logo KNLH dan penerapannya.

StandarManualLogoKNLH 2009 Desain Aplikasi dan Standar Manual Logo Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Contoh spread isi standar manual logo Kementerian Negara Lingkungan Hidup